Hadeeh, sebenarnya saya
nggak enak mau nulis ini deh karena berkaitan dengan harkat dan martabat
bangsa( apaan sih).
Ladang mencari nafkah memang
macam-macam. Ada yang manut dengan atasan ada juga yang berbekal jasa menerima
orderan. padahal pada intinya sama saja ya, kita menawarkan jasa meski tak
melulu berupa barang. Guru juga kan jasa ya, jasa berbagi ilmu hahahaaa.
Belakangan ini makin marak
industri kreatif yang berbasis jasa. Mulai dari jasa laundry sampai
transportasi. Alatnya pun makin canggih, dengan mengandalkan gadget maka
penyedia jasa mulai bekerja.
Dan kita, kita yang pasif
ini, cukup memanfaatkan jasa yang
ditawarkan, entah alibi ingin berbagi rejeki atau males wkwkwkwk. Huftt, ini
tulisan mau dibawa kemana si sebenarnya....
Kembali ke judulnya deh. Hati
orang memang sukar menebak. Baru saja meng-order, eh selang beberapa waktu dia
cancel. Buat para penyedia jasa mungkin itu cukup menyakitkan ya. Ini berkaitan
dengan pemasukan soalnya. Selain itu, ini juga berkaitan dengan trust and
quality. Bisa jadi sang penyedia jasa bertanya-tanya, kok bisa dicancel ya, apa
ada yang salah, idih kok tega banget sih, de el el. Apalagi kalau produknya
barang yang sedang diproses atau jasa yang sedang on the way. Sudah setengah
capek gitu. Kalau barang tersebut bisa dialihkan ke pelanggan yang lain, nggak
jadi soal deh. Puk-puk-puk. Kalau begini memang diharuskan punya stok sabar
yang lebih ya. Mungkin pelanggan baru dapat barang yang gratis atau dapat
tumpangan ( meski nggak etis juga sih). Mungkin kalau jasa pengadaan barang,
kasus begini bisa diatasi dengan uang muka dulu ya biar kayak win-win solution
gitu, atau malah bayar dulu baru barang bisa dikirim. Yang nyesek itu mungkin kalau jasa antar entah itu ojek atau delivery
order yang nggak pakai DP, mana sudah panas-panas. Rugi bandar broo. Kalau
sabar mah ya, mungkin Cuma nyindir halus dengan doa,”semoga selamat sampai
tujuan, semoga dikenyangkan perutnya”. Kalau sumbunya pendek, jangan kaget
kalau dapat pesan sumpah serapah, habis dimaki sama penyedia jasa. Hayoo siapa
yang pernah???Itu saya nyonyah hahaha....iya, gara-gara cancel disumpahin,
aampuun bang, bukan maksud hati hikshikshiks.
Pelanggan juga mungkin harus
sedikit memanjangkan ususnya, lebih sabar maksudnya. Toh tinggal duduk manis,
nanti juga datang. You know lah ya, kadang jalanan bisa lengang bisa bikin
berang. Lebih apresiasi dengan usahanya sih, karena mereka juga sedang cari
nafkah. Anggap saja memudahkan orang lain dalam menjemput rejeki agar rejeki
kita juga dimudahkan (aseekkkk). Kalau nggak terburu-buru, berkaitan dengan
hidup mati ( lebay kucai ih), enjoy saja. Kecuali kalau ada urusan yang
mendesak banget-banget, alasan yang syar’i lah pokoknya , baru deh baik-baik
dalam menyampaikan. Kalau dimaki ya terima saja, mau gimana lagi.
Kadang kita memang
ditempatkan dalam posisi sudut yang bikin nyengir buat ngapa-ngapain. Seperti
kesasar di jalan tol. Putar balik dilarang, maju terus makin hilang tujuan.
Berdoa, tersenyum dan tertawa hahahaaa. Semoga menyenangkan menjelang akhir
bulan.
Iya mbaa, aku sebagai pembeli srgnya nempatin diri di pihak yg jual. Kalo dia udh capek2 nyiapin barang, ato kayak gojek udh capek beliin makanan yg kita pesen trs cancel cm krn kelamaan nunggu, aku ga tega mbak.. Gpp deh sampenya lama, yg ptg brgnya toh bakal datang :). Percaya bgt kok, kalo kita nya sabar, ntr balasannya insya allah semua urusan juga dipermudah..
BalasHapusSkr kan lagi heboh tuh gojek yg beli makanan di gerai Pablo, cheesetart dr jepang yg baru masuk ke indo.. Antriannya gilaaaaak. Nah bnyk yg pake jasa gojek utk mesen tp kemudian dicancel. Padahl liat dong antriannya seperti apa.. Ya antri aja sendiri kalo mw cepet :(. Kasiaaan bgt liat abang gojeknya :(
iya mbak, wong mereka capek buat nyukupi anak istri bukan cuma perut sendiri. lempeng sajalah jadi orang, hidup tak semudah mencet tombol ya mbak
HapusIya kalau nggak bener-bener butuh saya jarang pesan, takutnya nanti kalau tetiba ada keinginan buat cancel order.. tanggapannya langsung berubah sinis.
BalasHapussetuju mbak :)
BalasHapusiya, mesti lebih konsisten, mikirin banyak pihak
BalasHapussalam
gabrilla
Yuppp mbk
BalasHapus