Selasa, 11 April 2017

NgeTrip Gesit


Yoshh………….welcome April. Setelah berjibaku dengan serangkaian kegiatan sekolah, akhirnya sempet , sudah juga menarikan jari di keyboard ini meski dengan tema yang nggak jelas, halah.
 Ada hal yang sejak beberapa waktu lalu mengganjal, ingin banget aku tulis sebenarnya. Yah, sok-sok ngin-Tips lah ya. Masih nggak jauh-jauh tentang pendidikan, yaitu field trip. Untuk refreshing para siswa agar tak jenuh  karena belajar tak melulu urusan kelas dan kertas, ceileee.
Mempersiapkan field trip memang nggak boleh grusah-grusuh, bahkan lebih baik jauh-jauh hari. Ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan untuk field trip kedepannya.
a.  Lokasi
Yah, lokasi menjadi penting kalau yang field trip itu anak-anak. Tahu sendiri lah ya, fisik anak-anak lebih rapuh, jiahhh. Pasti deh, nggak jauh-jauh dari pusing, mabuk kendaraan yang berujung muntah, masuk angin dan lain-lain. Kalau jaraknya jauh, bearti semakin lama di jalan. Nggak banget kan kalau tenaga habis di jalan, acara inti malah jadi nggak semangat.
b.  Fasilitas
Yoi, cek ricek apakah fasilitas yang ditawarkan memadai termasuk kamar mandi yang bersih dan jumlahnya cukup pantas untuk rombongan, mushola, makan dan fasilitas lainnya. Pastikan juga sesuai dengan peserta. Nggak mungkin kan anak kelas 1 diberi flying fox setinggi lima meter, hahahahhaa….
c.  Konsumsi
Yah, yang , makhluk kasar pasti tak lepas dari urusan  perut. Pastikan makanannya aman, awet, tidak cepat basi. Biasanya sih, pilihan jatuh pada roti, simple lah ya. Jangan lupa pesan kepada peserta agar tak terlalu banyak makan menjelang keberangkatan. Ini penting untuk menghindari muntah di kendaraan. Sepengetahuan saya sih, hal itu berpotensi untuk menyebabkan penumpang lain ikut mabuk.
d.  Recheck Amunisi
Ya, biar nggak trataban, segala amunisi harus dipersiapkan termasuk jasa transportasi. Biasanya, order bus jauh-jauh hari, misalnya sebulan sebelumnya. Karena, secara tradisi, sekolah-sekolah di Indonesia memiliki timing tour yang sama, jadi cepat-cepatlah pesan sebelum keduluan. Tak kalah penting juga, printilan-printilan mulai dari obat-obatan sampai kantong muntahan.
Anyway, everything needs preparation ya. Apalagi ini menyangkut hajat hidup orang banyak, halah. Penting, penting nggak penting sih, kalau bisa disurvey dulu biar nggak kecele, jangan mudah percaya dengan brosur. Yah, yang namanya marketing pasti bilang yang bagus-bagus dong. Jangan sampai nanti ada kekecewaan menggelayut, sudah jauh, tapi begini-begini, kurang memuaskan dsb.
Selamat ber-field trip ria, semoga tujuan awal dari kegiatan tercapai. Bukan Cuma capek semata tapi ada nilai-nilai yang bisa dieksplore seperti kekompakan, mengontrol emosi, kemandirian dan sebagainya. Nature does teaches us wisely.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...