Minggu, 16 Juli 2017

Working-Mom Syndrome


Entah bagaimana yang benar akan penyebutan ini, tulisan ini sebenarnya hanya sekedar sharing, syukur-syukur ketemu jodoh, eh solusi maksudnya.

jadi, setelah very looong holiday, hari kerja itu pun tiba (halah). Alhamdulillah masih ingat jalan ke tempat kerja, secara liburnya lama banget cyin, sekitar tiga minggu, wew. Enaknyo....makanya, jadi guru, xixixiiii.....Saking lamanya libur, saya sendiri malah keder. Ya karena masih ada bocil yang lengket banget sama emak dan kini tiba waktu saat untuk berpisah, meski Cuma sehari. Saya bangun pagi, eh nggak lama dia bangun, pakai acara mewek, minta yang susah nyarinya. Pokoknya dramatis. Dan biasanya ujungnya ngikut kerja meski dengan berat hati harus ditolak. Drama pagi segar itu biasanya diakhiri dengan jam kedatangan emak yang ngaret, molor diiringi banyak sholawat, beristighfar semoga everything runs well.

Menurut saya sih, hal penting yang harus ada yaitu stok sabar. Jangan sampai mewekan bocil nambah kita jadi uring-uringan yang menguras emosi dan bisa berpengaruh pada kinerja. Kalau yang satu mewek, yang satu teriak malah jadi double berisiknya kan. Keep calm, stay strong and stay cool, halahhh. Siapkan trik-trik, rayuan gombal, mainan, tontonan atau duit, haish. Pelan-pelan kasih pengertian.

Selain itu, memang butuh kerjasama banyak pihak. Masa iya nggak ada orang lain di rumah, entah itu kakek, nenek, ipar atau embaknya. Nggak mungkin juga kan bocil sendirian. Kalau toh nggak stay di rumah, pasti ada solusi lain seperti day care misalnya. Yang jelas adalah kerjasama dan komitmen. Bocil yang umurnya nanggung, bayi enggak, sekolah juga belum. Ditinggal bisa “nggendoli” istilah jawanya “kelayu”.

Anyway, pernah nggak sih emak-emak mengalami sindrom sedemikian rupa. Bisa share dong olala....Nggak mungkin juga kan bekerja membawa anak ( meski di sekolah sekalipun). Ada peraturan-peraturan yang ditujukan agar atmosfer kerja menjadi begitu seharusnya ( ini bahasa apa coba). No bully, no offense, no debate tentang working mom vs stay home mom ya, karena semua adalah pilihan. Pasti ada alasan di tiap pilihan.

Hanya karena sesuatu tidak terjadi hari ini, bukan berarti tidak akan terjadi pula di esok hari-anonymous

6 komentar:

  1. Profesi kita sama ya mba, saya juga guru. 2 orang anak sy juga masih kecil2. Dan, yg saya rasain juga sama. Libur yg lumayan lama ini bikin anak-anak makin nempel. Tapi alhamdulillah, tadi pas ditinggal ke sekolah anak saya yg sulung anteng, gak drama malah dadah dadah spt ya afirmasi saya berhasil saat malam sebelum tidur sy ajak ngobrol dia. Adiknya pagi tidur lafi, jadi gak tahu kalau sy pergi. Meski usianya akan 1 th, anak sy yg kecil ini udah mulai ngerti kalau sy pergi, efek libur lama kayanya. Kadang nangis kalau ditinggal. Huhu.

    Salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss mbak, pait asem manis yaa...lam kenal juga

      Hapus
  2. setiap kondisi ada tantangannya amsing2 ya :)

    BalasHapus
  3. stock sabar emang mesti tak terbatas y mba, aku jg working mom n kadang ada saja drama heboh pada intinya sabar n jgn baper hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak, senyumin saja daripada stress...hahahaa

      Hapus

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...