Kamis, 17 Desember 2015

bikin raport



Ngintip Dapur Raport Siswa
Akhir semester sudah tiba, yeyyyy....aroma liburan semakin menyeruak, menyesakkan dada. List tempat piknik, resep makanan sudah direka-reka. Hemmm....asyiknya.
Tapiii....waitt...untuk melangkah ke liburan memang tidak mudah, khususnya kami, para kuli di bidang pendidikan. Deretan laporan siswa yang harus dibuat mulai dari ngitung nilai, ngisi raport sampai “ngata-ngatain” siswa menumpuk. Memang butuh persiapan fisik dan juga mental, so pasti. Karena laporan ini bermuara pada pertemuan dengan orang tua. Siap-siap menerima barisan komplain, keluhan dan segudang tetek-bengeknya. Bikin raportnya aja dah puyeng ya ( pernah dengar guru yang meninggal di tempat karena ngisi ‘raport’ belum? Kasihan yaa...my condolence to her)
Bisa dibilang, akhir semester adalah puncak dari kesibukan guru, selain graduation. Belum lagi kalau terjadi kesalahan karena ini tembusannya ke dinas. Ada yang salah hitung, salah ketik sampai dengan salah kertas, semua bisa terjadi di saat-saat genting ini. Emosi kadang meluap serasa ingin melahap, jiahhh. Sabar bu’e
Sebelum para walas menuliskan ke raport, mereka sudah dipusingkan dengan nilai yang di bawah KKM (kalau yang ini guru bidang juga ding). Mereka harus mereka-reka, ngarang, agar nilainya bisa mencapai KKM. Apa sih, KKM itu? Kriteria Ketuntasan Minimal. Jaman dulu mah, gak ada acara KKM gitu, nilai segitu ya udah, cantumin aja, lha wong saya saja pernah dapat nilai merah kok...hohoooo...( berasa nobita nih). Lha sekarang? Kan nyesek kalau anak dibawah nilainya, harus dikatrol sampe nilainya oke....eeuuhhh berat euy. Wahh...ini namanya termasuk pembohongan publik gak yaa? Yaa...bikin nilainya sambil istighfar aja deh. Jadi hati-hati kalau nilainya itu pas KKM, bisa jadi itu nilai katrolan...( hushh...jangan suudzon, plakk)
Dalam memberi nilai ini (ngoreksi ), ini juga dibarengi dengan analisis nilai satu satu. Jadi masing-masing siswa, hasil tesnya dianalisis per nomer. Nomer satu salah atau benar....begitu seterusnya sampai habis.



nama
Pilihan ganda
1
2
3
4
Ardi
0
1
1
1
Aldi
1
0
1
1
abdi
1
0
0
1


Weleh-weleh...mabook nilai sama kertas nihh.
Segini aja dulu yaaa...dapur kantor guru...yang lainnya??? Secret dulu aja ahh. Feel free to comment yaa.

2 komentar:

  1. ayo semangat Mak :)
    menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia :)

    BalasHapus
  2. yooiii....UMK naik kita seneng giliran KKM naik bingung hahahahhha

    BalasHapus

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...