Selasa, 15 Desember 2015

Ayam ayamku



Ayamku yang Pemurah
( belum bakat fotografi nih )
Ayam-ayamku, ayam ayamku, kau begitu lincah ( lho kok baca dengan nada ayang-ayangku punya dewi-dewi ???:))
Awal Agustus, kami kedatangan anggota keluarga baru. Yapp....sepulang kerja, di tengah malam yang gulita, halah...suami membawa sesuatu, terdengar suara kokokan ayam. Benar saja, suami membawa sepasang ayam, ayam istimewa katanya. Ayam Birma, namanya, tapi saya sendiri enggak tahu apakah itu benar-benar ayam dari Myanmar, negeri Au San Suu Kyi atau bukan.
Kalau diitung-itung, pengalaman beternak, jelas, saya lebih jago dong, wong saya besar di kampung, biasa ngrangsum ayam. Singkat cerita, ditaruhlah ayam di kandang, yang memang sudah ada sebelumnya. Di depan rumah teronggok kandang ayam yang kosong, operan dari tetangga yang engga punya space buat naruh kandang.
Ayam itu diberi pakan modern ( baca: pur ayam), bukan dedak dicampur makanan sisa seperti ayam kampung pada umumnya. Biasanya kami, eh saya (karena kenyataannya yang sering ngasih makan yaa saya) kasih makan sebelum berangkat kerja, di pagi hari, dan ketika pulang. Yang bikin saya haru (idih, baper), tiap pagi dan sore, pas liat saya, ayam itu lari mendekat J kayak induknya ya hahahhaa...
Bisa dibilang, ayamku tuh suka sedekah, naahhh looo...kok bisa??? Tiap kali diberi makan, selalu tidak dihabiskan (berasa emak-emak yang nyuapi anaknya masih keciil yaa). Ditambah lagi, ia membiarkan “teman-temannya” ikut nebeng makan. Misalnya, ayam tetangga, burung tetangga, tak lupa tikus-tikus ikut menikmati.
Boros pur??? So pasti, tapi suami enggak ambil pusing. Apa katanya? Yaaa....bagii-bagi rejeki. Siapa tahu, dengan memudahkan rejeki makhluk lain, rejeki kita juga mudah. Eh, tapi bener lho...jadi ngerasa tenang, pas butuh, pas ada. Allah memang Maha Adil, Maha Pemurah. Dengan membukakan pintu rejeki ke orang/makhluk lain, pintu rejeki kita akan dibukakan olehNya dari arah yang tak disangka-sangka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...