Rabu, 23 November 2016

Cancel order?? (mikir dulu)




Hadeeh, sebenarnya saya nggak enak mau nulis ini deh karena berkaitan dengan harkat dan martabat bangsa( apaan sih).
Ladang mencari nafkah memang macam-macam. Ada yang manut dengan atasan ada juga yang berbekal jasa menerima orderan. padahal pada intinya sama saja ya, kita menawarkan jasa meski tak melulu berupa barang. Guru juga kan jasa ya, jasa berbagi ilmu hahahaaa.
Belakangan ini makin marak industri kreatif yang berbasis jasa. Mulai dari jasa laundry sampai transportasi. Alatnya pun makin canggih, dengan mengandalkan gadget maka penyedia jasa mulai bekerja.
Dan kita, kita yang pasif ini,  cukup memanfaatkan jasa yang ditawarkan, entah alibi ingin berbagi rejeki atau males wkwkwkwk. Huftt, ini tulisan mau dibawa kemana si sebenarnya....
Kembali ke judulnya deh. Hati orang memang sukar menebak. Baru saja meng-order, eh selang beberapa waktu dia cancel. Buat para penyedia jasa mungkin itu cukup menyakitkan ya. Ini berkaitan dengan pemasukan soalnya. Selain itu, ini juga berkaitan dengan trust and quality. Bisa jadi sang penyedia jasa bertanya-tanya, kok bisa dicancel ya, apa ada yang salah, idih kok tega banget sih, de el el. Apalagi kalau produknya barang yang sedang diproses atau jasa yang sedang on the way. Sudah setengah capek gitu. Kalau barang tersebut bisa dialihkan ke pelanggan yang lain, nggak jadi soal deh. Puk-puk-puk. Kalau begini memang diharuskan punya stok sabar yang lebih ya. Mungkin pelanggan baru dapat barang yang gratis atau dapat tumpangan ( meski nggak etis juga sih). Mungkin kalau jasa pengadaan barang, kasus begini bisa diatasi dengan uang muka dulu ya biar kayak win-win solution gitu, atau malah bayar dulu baru barang bisa dikirim.  Yang nyesek itu mungkin kalau jasa antar entah itu ojek atau delivery order yang nggak pakai DP, mana sudah panas-panas. Rugi bandar broo. Kalau sabar mah ya, mungkin Cuma nyindir halus dengan doa,”semoga selamat sampai tujuan, semoga dikenyangkan perutnya”. Kalau sumbunya pendek, jangan kaget kalau dapat pesan sumpah serapah, habis dimaki sama penyedia jasa. Hayoo siapa yang pernah???Itu saya nyonyah hahaha....iya, gara-gara cancel disumpahin, aampuun bang, bukan maksud hati hikshikshiks.
Pelanggan juga mungkin harus sedikit memanjangkan ususnya, lebih sabar maksudnya. Toh tinggal duduk manis, nanti juga datang. You know lah ya, kadang jalanan bisa lengang bisa bikin berang. Lebih apresiasi dengan usahanya sih, karena mereka juga sedang cari nafkah. Anggap saja memudahkan orang lain dalam menjemput rejeki agar rejeki kita juga dimudahkan (aseekkkk). Kalau nggak terburu-buru, berkaitan dengan hidup mati ( lebay kucai ih), enjoy saja. Kecuali kalau ada urusan yang mendesak banget-banget, alasan yang syar’i lah pokoknya , baru deh baik-baik dalam menyampaikan. Kalau dimaki ya terima saja, mau gimana lagi.
Kadang kita memang ditempatkan dalam posisi sudut yang bikin nyengir buat ngapa-ngapain. Seperti kesasar di jalan tol. Putar balik dilarang, maju terus makin hilang tujuan. Berdoa, tersenyum dan tertawa hahahaaa. Semoga menyenangkan menjelang akhir bulan.

6 komentar:

  1. Iya mbaa, aku sebagai pembeli srgnya nempatin diri di pihak yg jual. Kalo dia udh capek2 nyiapin barang, ato kayak gojek udh capek beliin makanan yg kita pesen trs cancel cm krn kelamaan nunggu, aku ga tega mbak.. Gpp deh sampenya lama, yg ptg brgnya toh bakal datang :). Percaya bgt kok, kalo kita nya sabar, ntr balasannya insya allah semua urusan juga dipermudah..

    Skr kan lagi heboh tuh gojek yg beli makanan di gerai Pablo, cheesetart dr jepang yg baru masuk ke indo.. Antriannya gilaaaaak. Nah bnyk yg pake jasa gojek utk mesen tp kemudian dicancel. Padahl liat dong antriannya seperti apa.. Ya antri aja sendiri kalo mw cepet :(. Kasiaaan bgt liat abang gojeknya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, wong mereka capek buat nyukupi anak istri bukan cuma perut sendiri. lempeng sajalah jadi orang, hidup tak semudah mencet tombol ya mbak

      Hapus
  2. Iya kalau nggak bener-bener butuh saya jarang pesan, takutnya nanti kalau tetiba ada keinginan buat cancel order.. tanggapannya langsung berubah sinis.

    BalasHapus
  3. iya, mesti lebih konsisten, mikirin banyak pihak

    salam
    gabrilla

    BalasHapus

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...