Senin, 21 Agustus 2017

Insiden bandara dan bendera di pesta Olahraga


Baru saja penduduk Indonesia merayakan kemerdekaan Indonesia, tiba-tiba kok ada kabar yang tak sedap dari tetangga sebelah.

Pesta olahraga seAsia Tenggara mencederai orang Indonesia justru saat awal. Belum juga bertanding, tetangga sebelah sudah bikin ulah. Aih, yang namanya bertentangga itu memang ada seninya ya.

Yaa....publik Indonesia dibuat geger karena bendera terbalik yang ada di buku panduan SEA Games. Yang tadinya merah putih malah jadi seperti Polandia, putih merah. Menteri Olahraga Malaysia sudah minta maaf akan keteledoran ini, akan tetapi tindakan ini belum cukup. Yah, mau bagaimana lagi, Indonesia itu kan nasionalismenya tinggi, setiap senin pasti upacara dengan menghormat bendera. Bendera merah putih seakan sudah mendarah daging di tiap warga Indonesia.

Memang, insiden ini benar-benar di luar nalar sebenarnya. Cendekiawan Indonesia berpendapat  ; bukankah pembuatan buku panduan itu melewati beberapa proses termasuk editing, lha kok iso-isone terbalik. Ndilalahnya ya, yang bikin ulah Malaysia yang diajak bermasalah Indonesia, huhuuu......negara serumpun yang susah akurnya.

Indonesia butuh tak hanya permintaan maaf apalagi hanya dari seorang menteri, menurut saya sih. Sang kepala negara juga harus turun tangan. Apa mungkin buku panduan itu diganti? Yaa bisa jadi, asalkan bisa cepat, kenapa tidak. Mungkin lho ya, mungkiiiin.

Negara Malaysia, sebagai tuan rumah, juga kabarnya menuai beberapa kekecewaan. Menurut laman berita, kontingen takraw putri Indonesia  melakukan aksi WO karena wasit tidak adil, yang lagi-lagi sedang bertanding melawan Malaysia. Wasitnya keder kali, pantang mempermalukan tuan rumah. Tak hanya itu, diberitakan bahwa timnas kehabisan makanan ketika tiba di hotel.

Kita tidak tahu maksud dari ulah negeri jiran itu, semoga tidak ada unsur kesengajaan, yah semoga saja ada titik terang. Dengar-dengar netizen Indonesia yang gerah membalas dengan menghack situs SEA GAMES dengan memutar lagu-lagu Indonesia di situsnya. See, betapa kreatif dan fanatiknya Indonesia ketika kedaulatan diusik.

Mengingat ini baru permulaan, semoga kekecewaan ini tidak terus berlanjut ya. Keep fairplay. Jangan sampai publik Indonesia angkat senjata  hahahahaa.....Indonesia dan Malaysia, mbok ya saling rukun lah ya, kan sama-sama rumpun Melayu. Atau jangan-jangan ini yang namanya saudara, kadang bau wangi, kadang bau t*i. Atau mungkin karena sentimen Indonesia terhadap Malaysia karena sebelumnya sudah sering menoreh luka, alaaamaaakkk. Kalau bendera yang terbalik itu punya Thailand, mungkin nggak ya reaksi publik di sana heboh kayak di sini. Atau jangan-jangan ini sebagai balasan karena ada orang Indonesia yang berbuat tak senonoh terhadap anggota SNSD kemarin di bandara??? Aah....pesta olahraga yang diwarnai dengan insiden Bandara dan Bendera, semoga cepat reda ya....



3 komentar:

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...