Rabu, 28 Januari 2015

ouchh my foot

Ada Apa Dengan Kakiku????

Musim huja tiba, yey, bakal sering pakai sandal ke sekolah nih, atau parahnya, nyeker ( toloongg jangan sampai deh). Harus berhati-hati juga ni ya, karena genangan air itu kan kotor, naahhh itu bisa menyebabkan iritasi kulit, ceilee, gayanya seperti tenaga kesehatan yang memberi penyuluhan.
Pagi ini, penulis harus nyengir-nyengir ria, kenapa? Ada rasa senut-senut nikmat di kaki ( idihhh, jorok). Alamakk....bengkak si enggak, tapi kenapa ada warna kemerahan di jempol kanan ya. Mana kalau di pegang nyeri-nyeri sedap gitu. Setelah mengingat, mencari tahu, penulis memberanikan diri untuk menyatakan cantengan “””wow”””superrr sekali. Seingatku, ini sama seperti kejadian waktu aku kelas tiga SMA, jiahhh...lama nian.
Ngomong-ngomong soal hujan di paragraf sebelumnya, saya menyimpulkan kalau hujan juga ikut andil pada cantenganku ini. Bagaimana tidak, sepatu lembap, terkadang jalan kaki menerjang genangan yang aduhai, ya bisa jadi-bisa jadi ( alibi padahal nyatanya karena jorok, wkwakakakakk)Oh ya, mungkin dari kalian ada yang tidak tahu cantengan? Apa sih cantengan itu sista ?Bahasa kerennya, eh medisnya itu “paronychia”.. biasanya menyerang jempol kaki. Cantengan  adalah kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi jaringan lunak didaerah sekitar kuku. Infeksi tersebut terdapat pada perionikium atau lipatan kulit yang menggantung pada sisi-sisi kuku yang berada di kaki maupun yang tumbuh di tangan.Penyebabnya apaan sih? Bukan Cuma hujan ya pemirsa....hujan bukan penyebab semua ini (L..>@#)Cantengan ini disebabkan oleh kuman. Kuman yang menyebabkan cantengan adalah kuman jenis Staphylococcus aureus dan Streptococcus. Penyakit cantengan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor faktor lain seperti:
  • Memotong kuku terlalu pendek sehingga saat tumbuh memanjang ujung kuku menusuk daging yang menimbulkan infeksi.
  • Memakai sepatu yang terlalu ketat, sehingga kuku kaki tertekan dan melukai daging atau kulit disekitar kuku kemudian terjadi infeksi.
  • Gerakan kaki pun dapat menimbulkan penyakit cantengan, hal ini terjadi ketika kaki yang sedang bergerak secara cepat kemudian berhenti berhenti secara tiba-tiba., sehingga kuku menghujam ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi. Hal ini biasanya terjadi pada saat berolah raga, seperti basket dan bulutangkis.
Hihiii.....makanya jaga kebersihan guys, apalagi pada penderita diabetes. Apabila terkena cantengan, akan susah disembuhkan.
Pertolongan pertama apabila cantengan masih stadium awal adalah dengan merendam  dengan air hangat yang dicampur garam. Dengan air tersebut, akan mendorong kuman untuk keluar dari celah-celah kuku.Mencegah adalah lebih baik dari mengobati. Berikut adalah sebagian cara untuk mencegah cantengan, here we go.........
  • Cara mencegah penyakit cantengan adalah dengan rajin membersihkan dan memotong kuku.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek atau sampai menabrak kutikula.
  • Jika sduah merasa cantengan karena disebabkan factor lain segera diobati jangan dibiarkan, sehingga tidak terus berlanjut membengkak.
  • Minimal sebulan sekali rendamlah kaki di air panas yang dicampur garam, hal ini bertujuan mengangkat kotoran yang berada pada sela-sela kuku yang sulit dibersihkan.
Keep clean ya, kebersihan adalah pangkal kesehatan

 : النظافة من الإيمان "kebersihan bagian dari iman".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...