Selasa, 10 Januari 2017

Menggali Nasehat Dalam Shalawat Gubahan Gus Dur




Okey, entah apa yang menggiring saya menuliskan ini, lagi pengin aja setelah dari kemarin asyik ngefiksi sama personal thought. Di label ini sedikit informatif, sedikit ya hahahaaa.....
BeTeWe, ada yang sudah pernah mendengar sholawat yang saya maksud yah. Itu lho, sholawat yang digubah Gus Dur pakai bahasa Jawa. Sebelumnya saya tuliskan dulu ya bagi yang masih bertanya-tanya, cekidot...

Ngawiti Ingsun, nglaras syiiran, kelawan muji maring pangeran
sing paring rahmat lan kenikmatan, rino wengine tanpa petungan
            Duh bolo konco, priyo wanito, aja mung ngaji syareat bloko
            Gur  pinter dongeng, nulis lan moco, Tembe mburine bakal sengsoro
Akeh kang apal, Quran Haditse, seneng ngafirke marang liyane
Kafire dhewe gak digatekke, yen isih kotor ati akale
            Gampang kabujuk, nafsu angkoro, ing pepaese gebyare dunyo
            Iri lan meri sugihe tonggo, mulo atine peteng lan nisto
Ayo sedulur jo nglaleake, wajibe ngaji lan sakpranatane
Ojo ngandelke iman tauhide, baguse sangu mulyo matine
            Kang aran sholeh, bagus atine, kerono mapan seri ngelmune
            Laku thoriqot lan makrifate, ugo hakekat manjing rasane
Alquran qodim wahyu minulyo, tanpa ditulis biso diwoco
Iku wejangan guru waskito, den tancepake ing jero dodo
            Kelawan Allah, kang Maha Suci, kudu rangkulan rino lan wengi
            Ditirakati diriyadhoi, dzikir lan suluk jo nganti lai
Uripe ayem rumongso aman, dununge rasa tondo yen iman
Sabar narima najan pas-pasan, kabeh tinakdir saking pangeran
            Kelawan konco dulur lan tonggo, kang podho rukun ojo ngasiyo
            Iku sunahe Rosul kan Mulyo, Nabi Muhammad panutan kito
Ayo nglakoni sakabehane, Allah kang bakal ngangkat drajate
Senajan asor toto dhohire, ananging mulyo maqom drajate
            Lamun palastro ing pungkasane, ora kesasar roh lan sukmane
            Den gadang Allah swargo manggone, utuh mayite ugo ulese

Wuihh, panjang juga syair nasehat ini. Ada yang kaget, wow, bahasa Jawa vrohhh.....kalau javanese sebagian besar paham ya. Karena menerjemahkan lagu barat sudah mainstream, saya mencoba mengejawantahkan (halah, bahasa apa ini) syair jawa saja. Bukan sukuisme Cuma memang yang dikuasai Cuma bahasa jawa doang selain bahasa Indo. E tapi, ini saya nggak terjemahin satu-satu lah ya, too much hohooo...
Markimul, mari kita mulai......
Pada bait pertama ditegaskan bahwa syair ini diawali dengan pujian kepada yang Maha Kuasa yang mana sudah memberi rahmat dan kenikmatan tanpa kenal waktu, siang ataupun malam.
Pada bait kedua, pak Kyai menasehatkan pada kita semua agar mengaji tak hanya sebatas “kulitnya/dasarnya” saja tapi juga sampai akar-akarnya. Tak hanya pintar menulis, membaca yang pada akhirnya malah kita kurang bahagia.
Pada bait ketiga, ini sebenarnya memberi kejelasan pada bait kedua. Mengaji tak hanya sebatas hafal Quran dan Hadis tapi juga dalam beretika. Jangan mentang-mentang pintar begitu, malah dengan mudahnya mengkafirkan orang lain. Sementara ia sendiri nggak berkaca, begitulah orang yang masih kotor hatinya.
Selanjutnya juga digambarkan generasi minus yang mudah terbuai nafsu dunia. Seperti iri, dengki terhadap tetangga yang disebabkan gelapnya hati.
GusDur juga mengingatkan untuk mengaji berikut cabang-cabangnya. Hal itu bagus sebagai sangu/bekal kita ketika dipanggil Sang Kuasa.
Pada bait ke-6, dikatakan bahwa keshalihan ditunjukkan dengan kebersihan hati. Akal dan perilaku yang bagus. Penataan hati yang sempurna.
Pada bait berikutnya, dikatakan bahwa AlQuran merupakan wahyu yang mulia, tancapkan dalam hati. AlQuran sebagai pedoman tak sekedar bacaan.
Allah adalah Maha Suci, begitulah dalam syair dituliskan. Oleh karena itu, jangan pernah dilupakan siang ataupun malam. Beliau juga mengingatkan agar jangan sampai lupa berdzikir.
Digambarkan bahwa tandanya iman itu dirasakan dengan tentramnya hidup, sabar meskipun toh ia hidup pas-pasan, semua sudah tertulis dalam suratan takdir. Beliau juga berpesan agar rukun dalam bertetangga, jangan mudah bertengkar.
Ditegaskan dalam syair bahwa Allah yang mengangkat derajat kita. Berbuat baiklah, hubungan vertikal dan horizontal harus sama baiknya agar surga kelak sebagai balasan.
In the bottom, hemm...overall, melalui syairnya, Gus Dur menasehatkan agar kehidupan kita selalu seimbang, tidak pincang. Quran Hadist yes, muamalah yesss.



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English_6thGrade_#4

  Cross a,b,c or d of the right answer! 1.       Kim :................? Ran: I am twelve a.        How are you                        ...